Mata Kabgor

Bantu Petani Di Asparaga, Pemda Kabgor Beri 5,2 Ton Benih Padi

Mata Gorontalo (Daerah) – Kabupaten Boalemo, Pada hari pertama kegiatan Gemilang Mobile (GM), Pemerintah Kabupaten Gorontalo memberikan bantuan 5,2 ton benih padi kepada petani yang berada di Kecamatan Asparaga. Bantuan yang diserahkan langsung oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo ini diberikan kepada 9 kelompok tani untuk musim tanam yang berkelanjutan.

Didampingi Kepala dinas Pertanian dan perkebunan, Rahmat Pomalingo, Bupati Nelson menyampaikan bahwa bantuan benih yang diberikan ini sangatlah penting untuk masyarakat tani. Kata Bupati Nelson, Kecamatan Asparaga memiliki potensi cukup besar dalam pembangunan pertanian tanaman pangan dan hortikultura.

” Saya melihat potensi pertanian disini sangat besar. Untuk itu saya sangat berterima kasih kepada petani tetap semangat mengolah lahan sawahnya walaupun dimusim kemarau seperti ini,” tuturnya.

Disamping itu, Bupati gorontalo juga sangat mengapresiasi langkah cepat dari Dinas Pertanian untuk membantu para petani hingga mengantipasi gagal panen di Asparaga. Hal itu sebagai peningkatan program inovasi pengembangan disektor pertanian.

Selain benih padi, kelompok tani juga menerima bantuan alat mesin pertanian berupa mesin penggiling padi.

Sementara sekertaris dinas pertanian dan perkebunan Kabupaten Gorontalo, Fony Tangahu mengungkapkan, Kecamatan Asparaga cukup banyak menghasilkan produksi padi, sehingga dapat membantu ketersediaan beras di daerah setempat.

“Potensi sawah lahan basah di Asparaga itu mencapai 830 Hektare dan cukup banyak memproduksi padi,” ucapnya.

Selain padi, potensi tanaman holtikultura di Asparaga adalah jagung. Lahan jagung di Kecamatan Asparaga seluas 3.874 Hektare. Jika diasumsi untuk luas 1 hektare bisa memproduksi jagung sebanyak 5000 kg.

“Padi dan jagung di Asparaga kita akan dorong terus melalui bantuan kepada petani, sehingga dapat memajukan daerah Gorontalo, ” Harap Fony Tangahu. (rls-mg)

69 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Berita Terkait Lainnya