Uncategorized

Darwis Moridu, “The Next” Ahmad H. Pakaya

Oleh : Jeffry As. Rumampuk

Mata Gorontalo (Opini) – Berbicara tentang karakter dan keinginan kuat untuk membangun daerahnya, Gorontalo punya tokoh yang dahulu oleh  Akbar Tanjung  mendaulat Alm. Achmad Hoesa Pakaya sebagai Panglima Politik di awal millennium silam. AH. Pakaya  telah mencontohkan banyak hal positif untuk Kabupaten Gorontalo, bahkan di eranya kala itu, Kabupaten Gorontalo telah membuktikan bahwa persatuan, kesatuan dan bahkan kebersamaan menjadi andalan hingga seperti yang terlihat saat ini.

Banyak hal yang telah dibangun untuk Kabupaten  yang jumlah pemilihnya terbesar di Provinsi Gorontalo itu. Salah satu yang fenomena adalah Tower Pakaya dan saat ini telah menjelma menjadi ikon Gorontalo, hal ini berkat polesan Bupati Nelson Pomalingo dan Anggota DPR RI terpillih, Rachmad Gobel.

Namun selain telah berhasil membangun Kabupaten Gorontalo, Konsep Pemerintahan yang sangat memihak kepada rakyatnya pun diaplikasikan dalam setiap program-program dan kebijakan AH. Pakaya. Berbagai capaian pun diraih Pemerintah Kabupaten Gorontalo dibawah komandonya, walau tidak sedikit yang  “membenci” dengan gaya kepemimpinan dan terobosan – terobosan mengenai pembangunan daerah dan kemaslahatan serta kesejahteraan rakyat di daerah yang saat ini mengusung program Gorontalo Gemilang itu.

Hal tersebut saat ini bisa dikatakan terulang kembali, kehadiran H. Darwis Moridu yang memimpin “Anak tertua” dari Kabupaten Gorontalo itu begitu fenomena. Mulai dari gaya kepemimpinan, latar belakang pendidikan, kehidupan bahkan hingga sikap mementingkan pembangunan daerah dan kerakyatan itu, saat ini dipertontonkan oleh Pemimpin yang lahir dari proses independen itu.

Berbagai program yang pro rakyat, capaian – capaian selama 2 (Dua) Tahun memimpin Kabupaten Boalemo dan inovasinya pun mendapat pengakuan dari beberapa Kepala Daerah di Gorontalo. Bahkan oleh mereka, sosok Darwis Moridu dinilai sebagai sosok pemimpin yang pekerja keras dan tidak sedikit keseriusan dalam melaksanakan program dan kebijakannya diakui telah memotivasi agar bisa diaplikasikan di daerah masing – masing.

Menggunakan kata Fenomenal, saat ini masyarakat Gorontalo melirik Bupati Darwis Moridu mempunyai kemiripan dengan Bupati Achmad H. Pakaya diwaktu memimpin Kabupaten Gorontalo. Hampir setiap hari masyarakat disuguhkan oleh informasi yang menilai bahwa apa yang dikerjakan adalah sebuah bentuk kegagalan dalam memimpin. Tentu penilaian ini dianggap wajar sebab, pro dan kontra kepemimpinan Darwis Moridu sudah tergambar sejak awal pencalonannya.  Namun berkat dukungan rakyat dan penjabaran 14 program kerakyatan yang saat ini telah dilaksanakan, H. Darwis Moridu dibantu Ir. Anas Jusuf telah berhasil mematahkan keraguan pihak – pihak yang tidak begitu menyukai Gayanya memimpin.

Dewasa ini, Kabupaten Boalemo telah mencatatkan penilaian dalam pengelolaan keuangan daerah sebanyak Lima kali, yang Dua diantaranya dicapai oleh H. Darwis Moridu selama memimpin. Sungguh Sebuah capaian yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Lebih dari itu, baik AH. Pakaya dan Darwis Moridu memiliki kesamaan dan keinginan kuat untuk rakyatnya  dari berbagai aspek. Diantaranya kedua tokoh beda zaman itu tanpa ragu – ragu mengambil keputusan jika itu berbicara tentang rakyat, hal ini dilihat dari insting yang kuat mengenai rasa kebersamaan yang begitu tinggi. Memiliki latar kehidupan awal yang begitu sulit, pun menjadi motivasi yang kuat untuk membagi kesejahteraan melalui berbagai kebijakan dan bahkan tanpa ragu menggunakan anggaran pribadi  ketika itu dibutuhkan daerahnya.

Keduanya pun dinilai sebagai sosok yang apa adanya, sederhana dan berani serta tanpa ragu mengambil keputusan jika arahnya untuk rakyat dan pembangunan daerah, gaya kepempinan yang begitu dirindukan sebab saat ini begitu sedikit pemimpin seperti itu.

Terakhir, keberhasilan Alm. AH. Pakaya di Kabupaten Gorontalo telah menjadi motivasi bagi Darwis Moridu dengan mengembangkan berbagai potensi. Dengan latar belakang  sebagai sosok pengusaha, inovasi dan keinginan serta giat kerja telah diperlihatkan. Bahkan “label” Bupati yang Fenomena pun telah disematkan atas gayanya yang unik dalam memimpin.

Semoga kesehatan yang walaifat terus menyertainya dalam menjalankan tugas sebagai Pemimpin didaerah pertama yang dimekarkan dari Kabupaten Gorontalo. Memposisikan sebagai “ Kakak Tertua”, Darwis Moridu tentu memiliki keinginan yang besar untuk membangun Kabupaten Boalemo untuk menjadi sebuah daerah yang hebat seperti apa yang menjadi niat para pejuang – pejuangnya. (***)

 

288 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Berita Terkait Lainnya