Mata Kabgor

David Bobihoe : Rachmad Gobel Itu ‘The Next’ Nani Wartabone

Mata Gorontalo (Mata Kabgor) – Momentum 23 Januari yang diperingati sebagai Hari Patriotik, tentu mempunyai banyak cerita dan kisah yang dapat membakar semangat Nasionalisme, termasuk kisah bagaiman Alm. Nani Wartabone yang berhasil mempersatukan seluruh masyarakat Gorontalo untuk mengusir Penjajah Belanda.

Berbagai kisah diriwayatkan dalam semangat patriotisme Alm. Nani Wartabone, yang kala itu gagah berani memimpin perjuangan masyarakat Gorontalo dengan lintas etnis dan kelompoknya. Menyatukan para tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh politik untuk bersatu padu, berniat satu dengan niat tulus dan tekad yang bulat untuk mengakbarkan satu kata, Merdeka….!!!!

Pahlawan Nasional Dari Gorontalo, Alm. Nani Wartabone

77 Tahun sudah Gorontalo merdeka, 3 Tahun lebih awal dari Lantangnya suara Sang Proklamator Ir. Soekarno, Alm. Nani Wartabone menggetarkan bumi Hulondtalo dengan suaranya.  “Pada hari ini, 23 Januari 1942, kita bangsa Indonesia yang berada disini sudah merdeka, bebas, lepas dari penjajahan bangsa manapun juga. Bendera kita adalah Merah Putih, lagu kebangsaan kita adalah Indonesia Raya, pemerintahan Belanda telah diambil-alih oleh pemerintahan nasional”, demikian isi proklamasi yang disuarakan oleh sahabat Kusno Danupoyo itu.

Mengambil catatan sejarah, kehebatan dan keberanian dari Alm. Nani Wartabone, menurut David Bobihoe Akib adalah sebuah kisah perjuangan yang pantas ditiru dizaman sekarang ini. semangat patriotisme yang disertai motivasi Nani Wartabone untuk mempersatukan tokoh – tokoh Gorontalo kala itu, adalah catatan dalam kisah patriotisme yang hingga sekarang harus terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari.

” Momentum 23 januari itu adalah momentum sejarah yang sangat penting untuk masyarakat Gorontalo dan juga secara nasional, karena merdeka 3 tahun lebih awal maka hal ini adalah sesuatu yang sangat membanggakan bagi masyarakat Gorontalo. semangat para pemuda serta seluruh tokoh baik tokoh masyarakat, pemuda dan bahkan tokoh – tokoh politik kala itu berhasil disatukan oleh Alm. Nani Wartabone dan hal ini yang dikenal secara nasional. Bagaimana seorang figur Nani Wartabone yang telah berhasil mempersatukan lintas tokoh demi satu tujuan yakni Gorontalo Merdeka.” Jelas David Bobihoe.

Ketokohan Alm. Nani Wartabone, Kata David Bobihoe sangat popular saat itu. Dimana menurut mantan Bupati Kabupaten Gorontalo 2 Periode ini, Gorontalo menjadi tempat tujuan para tokoh – tokoh nasional termasuk tokoh yang berasal dari Gorontalo untuk menemui Alm. Nani Wartabone selama berhari – hari.

” Dahulu, tokoh – tokoh nasional termasuk yang berasal dari Gorontalo itu sering mengunjungi Gorontalo untuk bertemu dengan Alm. Nani Wartabone selama berhari – hari. Mereka sangat nyaman dan merasa Gorontalo adalah tempat yang sangat istimewa, hal ini karena ketokohan Alm. Nani Wartabone. Ini yang sudah tak ada lagi dizaman sekarang.” Kata Tokoh kelahiran Gorontalo, 30 Oktober 1955 itu.

David Menambahkan, para tokoh – tokoh Gorontalo saat ini sudah terjebak dalam kotak – kotak kepentingan baik kepentingan partai politik maupun kepentingan pribadi. Hal ini tentunya akan berimbas pada kesejahteraan masyarakat disemua sektor termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga solusi yang harus dilakukan adalah mencari tokoh pemersatu seperti Alm. Nani Wartabone.

” Kedepan, yang harus kita renungkan lagi adalah bagaimana menjadikan Gorontalo ini menjadi daerah yang menjadi contoh tauladan bagi daerah lain. Lalu bagaimana menghadirkan seorang tokoh baru seperti Nani Wartabone di Gorontalo, melalui proses yang panjang namun pasti kita melihat ketokohan itu ada pada Rachmad Gobel. Dengan tekadnya yang kuat ini, kita harusnya bersyukur karena beliau sangat berkemauan untuk merubah masyarakat Gorontalo. Rachmad Gobel saat ini tercatat sebagai seorang figur yang mampu menyatukan berbagai tokoh dalam satu visi yakni kesejahteraan masyarakat Gorontalo, ini adalah cerminan perjuangan Alm. Nani Wartabone.”  Tambah David.

Rachmad Gobel, Tokoh Pemersatu Di Zaman Mileneal

Suami dari Rahmijati Jahya ini berharap kepada masyarakat Gorontalo, untuk melihat peluang yang sudah dibangun oleh Rachmad Gobel dengan jaringannya. peluang untuk berkompetisi secara nasional maupun internasional itu, sangat terbuka luas untuk kita manfaatkan demi kesejahteraan seluruh masyarakat sebagai dedikasi untuk mengisi hasil perjuangan kemerdekaan Gorontalo.

” Ini tentu peluang bagi kita untuk berkompetisi secara nasional maupun internasional, oleh karena itu dalam momentum hari patriotik tentunya kita patut mengucapkan apresiasi bagi seluruh masyarakat yang memperingatinya. Saat ini kita berjuang bukan lagi dengan bambu runcing, namun semangat untuk membangun daerah yang kita cintai ini melalui ketulusan hati untuk berbuat, membangun dengan hati demi daerah yang sama – sama kita cintai. Dan jika kita melihat berbagai kepentingan yang secara nyata sangat dirasakan masyarakat, maka solusinya hanya satu, kita membutuhkan figur seperti Alm. Nani Wartabone yang berhasil menyatukan berbagai tokoh digorontalo. Solusinya hanya satu, yakni Bapak Rachmad Gobel. ” Tegas David. (mg1)

243 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Berita Terkait Lainnya