Mata Boalemo

Dinas Pangan Boalemo Siapkan Cadangan Pangan Untuk Korban Banjir

Mata Gorontalo (Boalemo) – Banjir yang terjadi di Kabupaten Boalemo (26-27/01) Yang melanda beberapa kecamatan ini memang cukup besar dampaknya, kondisi ini tentu saja berakibat secara langsung terhadap ketersediaan, distribusi dan pasokan pangan.

Di dalam UU RI No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan bencana, Pemerintah Daerah dalam hal ini menjadi Penanggung Jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan  bencana dan  wajib untuk memberikan perlindungan masyarakat dari dampak bencana.

Demikian juga Undang-undang no 18 tahun 2012 tentang pangan mengamanatkan  bahwa pemerintah bertanggung jawab atas tercukupinya pangan bagi setiap individu, oleh karena itu Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) menjadi penting keberadaannya.

Oleh hal tersebut, Dinas Pangan Kabupaten Boalemo melalui Kadis Rolly Lumingas mengatakan bahwa Instansinya siap untuk menyalurkan bantuan pangan. Hal ini kata Rolly akan dilaksanakan sesuai dengan mekanisme, agar supaya dapat meringankan dampak banjir tersebut.

” Dengan tujuan mencegah terjadinya kerawanan pangan baik transien maupun kronis maka kami dari Dinas Pangan siap menyalurkan bantuan pangan sesuai mekanisme yang berlaku”. Ujar Rolly.

Saat ini cadangan pangan (beras) sisa anggaran 2018 ada sekitar 3,5 ton dan untuk anggaran 2019 ada 6 ton.

” Cadangan pangan ini untuk persiapan bila terjadi kerawanan pangan terutama paska bencana”. Ungkap Rolly

Kadis Pangan juga menambahkan jika soal penyaluran bantuan cadangan pangan ini akan disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

” Jadi cadangan pangan ini peruntukannya bukan untuk bahan makanan siap saji tapi lebih dari itu untuk menjaga kestabilan pangan masyarakat yang terkena dampak bencana sumber pangan mereka”. Jelasnya. (mg3)

111 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Berita Terkait Lainnya