Mata Boalemo

Jeffry Rumampuk : Revitalisasi Kerusakan Hutan Mangrove Di Tenilo, Pantai Kota Ratu Solusinya

Mata Gorontalo (Daerah) Kabupaten Boalemo – Beredarnya kabar dugaan pengrusakan mangrove yang terletak di Desa Tenilo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo, dibantah oleh Bupati Boalemo H. Darwis Moridu.

Melalui Juru Bicara Jeffry Rumampuk, Bupati Boalemo H. Darwis Moridu mengatakan bahwa Objek wisata Pantai Kota Ratu adalah salah satu langkah positif untuk menyelamatkan kerusakan mangrove yang diakibatkan kerusakan oleh alam maupun tangan manusia jauh sebelum Pemerintah Daerah melakukan revitalisasi pariwisata pantai Kota Ratu itu dilaksanakan.

“ Destinasi wisata Pantai Kota Ratu sebenarnya adalah salah satu upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo untuk menyelamatkan kerusakan mangrove yang diakibatkan oleh alam dan juga manusia. Karena hal itu terjadi jauh sebelum Pak Bupati mengambil kebijakan untuk merevitalisasi pantai Kota Ratu.” Kata Jeffry.

Jeffry As. Rumampuk / Juru Bicara Bupati Boalemo

Selanjutnya, terkait dengan pengembangan destinasi wisata Pantai Kota Ratu yang dilaksanakan oleh Kepala Desa melalui Bumdesnya dan Pemerintah Kabupaten Boalemo adalah sebagai tindak lanjut kebijakan dari Bupati Darwis Moridu dalam rangka menyelamatkan kerusakan hutan mangrove dikawasan tersebut dengan cara memanfaatkan keunggulan serta keunikan Pantai Ratu untuk dikembangkan sebagai sebuah destinasi wisata alternative bagi kalangan menengah kebawah.

“ Bahkan kedepannya Pak Bupati akan memerintahkan kepada SOPD terkait untuk bekerja sama dengan para pihak termasuk pegiat lingkungan untuk melakukan revitalisasi kerusakan dengan cara menanam kembali pohon mangrove yang terancam rusak dan punah akibat terjangan ombak dan aktifitas yang mengancam kelestarian serta manfaat dari Hutan Mangrove. Dan untuk itu, Pak Bupati sudah menginstruksikan pelaksanaan program sejuta mangrove yang bukan saja dilokasi pantai Kota Ratu melainkan juga untuk seluruh lahan kritis mangrove yang berada di kabupaten Boalemo dalam waktu dekat,” Tambah Jeffry.

 Hal ini menurut Jeffry sangat penting untuk kemudian dapat memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang manfaat dari hutan mangrove itu sendiri.

“ Tentu program Sejuta Mangrove ini adalah sebuah hal yang begitu positif, banyak hal yang akan diperoleh dan selain itu hal ini juga dapat mengedukasi masyarakat yang belum mengerti t6erkait dengan pentingnya pelestarian hutan mangrove. Antara lain untuk menjaga ekosistem, abrasi pantai, biota laut dan sumber oksigen, bahkan  dengan didaulatnya pak Bupati sebagai pembina Kambungu Beresi cabang Kabupaten Boalemo maka melalui ekologis Pak Bupati berharap sselalu terjalin interaksi antara organisme dengan lingkungan disekitaran Pantai Ratu, ” Tutup Jeffry. (mg7)

291 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Berita Terkait Lainnya