Mata Kabgor

Kepastian Hukum Dokumen elektronik belum Jelas, Ini Kata Kajari Kabgor

Mata Gorontalo (Mata Kabgor) – Menyongsong era digital dan kemajuan informasi teknologi, Pembuktian dalam perkara pidana memiliki peran sangat penting terkait, terutama dengan kemampuan hakim untuk merekontruksi peristiwa atau kejadian masa lalu sebagai suatu kebenaran. Hal ini dinilai sangat penting mengingat dewasa ini kepastian hukum pada beberapa kasus yang menyangkut dokumen elektronik, memerlukan pembaharuan hukum.

Kepada Mata Gorontalo, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo Dr. Supriyanto,SH.,MH mengatakan bahwa demi kepastian hukum, keadilan dan kemanfaatan hukum , diperlukan pembaharuan hukum baik hukum acara perdata maupun acara pidana yang memberikan ruang yang pasti terhadap persoalan tersebut.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo, Dr. Supriyanto,SH.,MH. saat memberikan arahan pada kegiatan sosialisasi tentang Dokumen Elektronik Dalam Sistem Hukum Pembuktian di Indonesia.

” Demi kepsatian hukum, keadilan dan kemanfaatan hukum maka perlu segera dilakukan pembaharuan hukum acara baik hukum acara perdata maupun acara pidana yang memberikan ruang yang pasti bahwa dokumen elektronik bisa diterima secara luas sebagai alat bukti yang sah.” Urai Supriyanto, saat memberikan sosialisasi pemanfaatan sertifikat elektronik dan penggunaan tanda tangan elektronik oleh Pemda Kabupaten Gorontalo di Manado, Jumat (25/1).

Pada kegiatan dengan topik Dokumen Elektronik Dalam Sistem Hukum Pembuktian di Indonesia, yang digelar oleh Pemda Kabupaten Gorontalo itu, Kajari Supriyanto menambahkan bahwa untuk mengakomodir dokumen elektronik sebagai alat bukti yang sah sangatlah terbatas.

” Karena selama ini yang sudah mengakomodir dokumen elektronik sebagai alat bukti yang sah adalah terbatas pada UU ITE, UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, UU TPPU, UU Terorisme Dan sebagainya. Sementara secara umum, dalam hukum perdata dan pidana dokumen elektronik belum mendapatkan tempat yang pasti dan jelas sebagai alat bukti yang sah.” Tegas Kajari Supriyanto. (mg1)

156 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Berita Terkait Lainnya