Mata Bonbol

Momentum Hari Patriotik, Rachmad Gobel : Motivasi Nani Wartabone Harus Diteladani

Mata Gorontalo (Mata Bonbol) – Kemerdekaan Gorontalo yang ditandai dengan hari patriotik dan diperingati disetiap tanggal 23 Januari ini, menjadi hari besar bagi setiap warga Gorontalo. Betapa tidak, 3 Tahun lebih awal dari Indonesia secara keseluruhan menjadi bukti yang hebat bahwa saat itu Rakyat Gorontalo mendeklarasikan diri dan mengibarkan bendera merah putih untuk pertama kalinya sebagai daerah yang merdeka dari penjajahan.

Makna dari peringatan hari patriotik, Rachmad Gobel yang juga tokoh Nasional asal Gorontalo ini mengatakan bahwa dalam momen ini, dapat mengambil hikmah dari perjuangan pahlawan nasional Alm. Nani Wartabone. Menurut Rachmad, motivasi perjuangan sahabat Alm. kusno Danupoyo itu perlu diteladani untuk kemudian diaplikasikan dizaman sekarang.

” Dimomen Patriotik ini, tentu kita harus mengambil keteladanan Alm. nani Wartabone ketika berjuang saat itu. Bagaimana Motivasinya saat membawa Gorontalo menjadi daerah yang berdaulat, sehingga setiap nilai dari perjuangan itu dapat kita ambil hikmahnya untuk diapikasikan dizaman sekarang.” Jelas Rachmad.

Rachmat menambahkan bahwa generasi saat ini harus terus menjunjung komitmen dan senantiasa melaksanakan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme. Di usia kemerdekaan Gorontalo yang ke-77 tahun, Rachmad juga mengajak generasi penerus untuk meneruskan era semangat kemerdekaan dalam bentuk bekerja nyata, bahu membahu dan berkreasi mengisi kemerdekaan.

“ Saya yakin dengan semangat persatuan, peduli dan berbagi dengan kerja bersama akan mampu menghadapi tantangan masa depan mencapai prestasi Gorontalo yang lebih hebat lagi. Karena motivasi yang dilakukan oleh Alm. Nani Wartabone, secara pribadi saya melihat bahwa ini adalah nilai yang sangat mengangkat harkat dan martabat masyrakat Gorontalo.” Tutup Rachmad. (mg1)

156 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini

Berita Terkait Lainnya