Mata Kabgor Mata Politik

Pelanggaran Pemilu, Oknum Caleg Di Kabgor Terancam Dicoret

Mata Gorontalo (Kabgor) – Demi suksesnya pemilu yang berintegritas, Bawaslu kabupaten Gorontalo terus melakukan pemantapan dalam hal pengawalan, pengawasan sesuai regulasi yang ada. Dengan keseriusan ini, beberapa kali pihak Bawaslu menunjukkan ke publik bahwa fungsi pengawasan pemilu yang saat ini melekat dan menjadi tanggung jawab bawaslu benar-benar di lakukan.

Setelah banyak menerima laporan dari masyarakat, Bawaslu kabupaten Gorontalo telah menindaklanjuti beberapa laporannya untuk kemudia diproses sesuai dengan pelanggaran Pemilu yang ada. Salah satu dugaan pelanggaran pemilu yang di lakukan oleh oknum Calon Anggota Legislatif (caleg) dengan inisial IA telah melalui tahapan proses Gakumdu dengan langsung menindak lanjuti dugaan tindak pelanggaran ini ke proses peradilan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo Wahyudin Akili saat di temui menyampaikan bahwa berkas perkara tersebut lengkap dan memenuhi unsur pelanggaran pemilu sehingga telah dilimpahkan ke pihak Kejaksaan Negeri Gorontalo. Lanjut Wahyudin, berharap agar peserta Pemilu lainnya bisa berpegang teguh pada ketentuan serta peraturan perundang – undangan yang sudah ada selama masa kampanye berlangsung.

Ketua Bawaslu Kabgor, Wahyudin Akili

” Berkas perkara IA sudah dilimpahkan penyidik Kejaksaan dan terinformasi sudah dinyatakan lengkap, sehingga rencana tindak lanjut sesuai ketentuan adalah proses penyerahan Tersangka dan barang bukti yang rencananya dilaksanakan pekan depan. Semoga rangkaian proses ini akan berjalan dengan baik. Harapan kami bahwa setiap peserta pemilu bisa berpegang teguh pada Ketentuan peraturan perundang-undangan yang sudah ada selama masa kampanye, masa tenang hingga hari pemungutan suara “. Tutur wahyudin.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri kabupaten Gorontalo Dr. Supriyanto,SH.,MH menyampaikan bahwa berkas yang di ajukan sudah lengkap dan jika sudah melalui proses pemeriksaan dan pembuktian, maka akan segera di sidangkan.

” Penerbitan P21 ini sudah kami lakukan kemarin pada hari senin tanggal 28 januari 2019 dan tinggal menunggu penyerahan tanggung jawab tersangka dan barang bukti dari penyidik ke penuntut umum yang insya allah akan di laksanakan pada hari rabu. Saya juga sudah perintahkan jaksa kami untuk menangani perkara ini dengan profesional, prosedur dan mempertimbangkan benar pembuktian di pengadilan agar supaya apa yang kita dapatkan bisa terbukti “. Tukas supriyanto.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabgor, Dr. Supriyanto,SH.,MH

Supriyanto menambahkan pelanggaran oleh Caleg tersebut telah melalui proses Gakumdu melalui rapat pleno dan sudah diputuskan bahwa hal itu cukup bukti dan merupakan tindak pidana pelanggaran pemilu.

” Terkait dugaan kasus pelanggaran pemilu yang di lakukan oleh tersangka IA dan setelah melalui mekanisme sentra Gakumdu antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan melalui rapat pleno dan sudah di putuskan bahwa dugaan ini merupakan tindak pelanggaran pemilu itu cukup bukti. Saat ini sudah di naikan ke proses penyidikan dan oleh penyidik sudah di lakukan penyidikan, setelah itu langsung di limpahkan ke kejaksaan dalam hal ini kami. Dan setelah di lakukan penelitian berkas perkara yang di ajukan penyidik tersebut, ternyata sudah memenuhi persyaratan formil maupun materil untuk di sidangkan sehingga kami sudah menerbitkan P21 dalam artian berkas sudah di nyatakan lengkap “. Tegas Supriyanto. (mg1)

162 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Berita Terkait Lainnya