Mata Kota

Penyuluhan Hukum Kejari Kota Gorontalo , Ajak Warga Melek Hukum

Mata Gorontalo (Daerah) – Kota Gorontalo, Kejaksaan Negeri Kota Gorontalo melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum di aula Kantor Kelurahan Molosifat U Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo pada Jumat, (16/8).  Hal ini dilakukan sebagai upaya mempertajam pengetahuan serta pemahaman masyarakat mengenai pelaksanakan ketentuan dalam berbagai peraturan perundang-undangan.

Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Kota Gorontalo Fadli Ayuza,SH kepada awak media mengatakan bahwa, penyuluhan sengaja dilakukan untuk memberikan pemahaman masyarakat terkait hukum. Fadli berharap, dengan kegiatan penyuluhan ini, bisa menekan terjadinya tindakan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh masyarakat dengan sasaran penyuluhan yang tidak terfokus pada segmen tertentu saja.

Kasi Intel Kejari Kota Gorontalo, saat melakukan pose bersama Perangkat Kelurahan dan tokoh masyarakat di Kelurahan MolosifatU Kota Gorontalo

“ Pembinaan seperti ini sudah rutin dilakukan yang sasarannya seperti aparatur negara, organisasi masyarakat, tokoh-tokoh, masyarakat, mahasiswa dan pelajar,” Terang Fadli.

Kegiatan yang bertemakan peran penting masyarakat dalam penegakan hukum diwilayah Kota Gorontalo ini juga dimulai dari pengenalan diri, institusi dan tupoksi kejaksaan dari bidang Intelijen, Pidana Khusus, Pidana Umum & Perdata Tata Usaha Negara atau Datun. Hal ini menurut Fadli sangat penting diketahui oleh masyarakat umum sebab semuanya bermula untuk terciptanya keadilan, menekan tindak kriminal dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hukum.

” Intinya kegiatan yang kami laksanakan hari ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar melek hukum, yang berikut kami juga mengenalkan tentang institusi serta bidang – bidang yang ada ditubuh Kejaksaan,” Kata Fadli.

Jaksa Masuk Sekolah, Oleh Kejari Kota Gorontalo

Fadli menambahkan bahwa sebelumnya kegiatan serupa juga dilaksanakan terhadap pelajar di SMPN 8 Kota Gorontalo. Selain memberikan pemahaman soal hukum dan perundangan, pihaknya juga memberikan pemahaman bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

” Sebelum disini, tadi kami juga telah melaksanakan penyuluhan hukum di SMPN 8 Kota Gorontalo melalui program Jaksa Masuk Sekolah. Hal ini juga penting sebab pemahaman tentang hukum perlu dimulai dari anak – anak dan remaja. Target kami cukup jelas yakni bagaimana agar tingkat pemahaman hukum itu se ndiri sudah terpatri sejak dibangku sekolah,” tutup Fadli. (mg01)

135 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Berita Terkait Lainnya