Mata Boalemo

Remaja Cacat Fisik Di Tilamuta Butuh Perhatian Pemda Boalemo

mata Gorontalo (Mata Boalemo) – Bermula dari #trip_kemanusiaan yang dilaksanakan oleh beberapa pemuda yang dimotori oleh Ramli Syawal dan Irham dengan cara jalan kaki dari Tilamuta menuju Palu, tak disangka bertemu dengan seorang remaja yang hidup dengan keterbatasan fisik selama 16 Tahun di Desa Lamu Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo.

, Farid Bandu (16) Lahir di tombolango Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara,  adalah anak pertama dari keluarga Rasid Bandu dan Fatma Kaida. keluarga kecil itu, sudah lebih dari setahun tinggal namun belum tercatat sebagai warga di Kabupaten Boalemo.

” Kurang lebih setahun saya sudah tinggal di Desa Lamu ini dan sudah berapa kali juga saya coba mengurus pindah dari daerah asal tapi belum diijinkan Pemerintahan setempat karena masih suasana pemilu,” Jelas Rasid orang tua Farid.

Terkait penyakit yang diderita Farid,  Rasid mengatakan bahwa sudah banyak usaha yang dilakukan agar buah hatinya bisa seperti anak normal lainnya. dirinya sudah berusaha ke banyak dokter namun belum juga menuai hasil yang seperti diharapkan.

” Sudah banyak dokter yang kami datangi bahkan sampai ke Manado pak,  tapi tetap tidak ada perubahan pada anak kami, sehingga saya hanya bisa pasrah dengan keadaan ini. Saya hanya bisa berharap, agar ada pihak – pihak yang memperhatikan kondisi anak saya serta dapat membantu pengobatan terutama dari pemerintah Daerah, ” Keluh Rasid yang beristrikan wanita asli Tilamuta itu.

Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo melalui Kepala Dinas Sosial Nurdin Djaini saat di konfirmasi menyampaikan bahwa selama ini  pihaknya belum mendapat laporan terkait masalah tersebut. menurut Nurdin, jika sudah ada laporan, pihaknya akan segera menindak lanjuti kondisi remaja tersebut.

” Kami belum mendapat laporan pak, kalau sudah masuk laporan pasti kami segara turun untuk melihat langsung kondisi anak tersebut melalui Kepala Bidang Linjamsos, yang memang berkaitan dengan hal tersebut. ” jelas Nurdin. (mg3)

174 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Berita Terkait Lainnya