Mata Boalemo

SK Bupati Boalemo Nomor 10 Tahun 2019, Antara Kepentingan ASN Dan Dugaan Suap 1 Miliar

Mata Gorontalo (Boalemo) – Paska diterbitkannya SK Bupati Boalemo Nomor 10 Tahun 2019 tentang Nomor Rekening Bendahara Pengeluaran Pada Satuan Organisasi Perangkat Daerah Dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Boalemo (Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga, Dinas Kesehatan Dan RSUD Tani Dan Nelayan Kabupaten Boalemo Tahun Anggaran 2019, mengundang reaksi beragam dari berbagai pihak

Ketua Balinra (Balai Informasi Rakyat) Kabupaten Boalemo Rahmat I. Pakaya, S.IP dalam wawancara dengan Mata Gorontalo mengatakan ini merupakan langkah maju bagi sisi Aparat Sipil Negara (ASN), namun dirinya juga menyesalkan sikap Pemerintah Daerah yang hanya memindahkan 3 (tiga) rekening saja.

“Kenapa hanya Tiga Instansi ? Yang kami tuntut keseluruhan dinas”. Ujar Ketua Balindra yang juga akrab di sapa Awi Pakaya itu.

Disisi lain, Awi Pakaya juga menambahkan mestinya ada pertimbangan jika tidak mau memindahkan seluruh rekening harusnya Bank Sulutgo memenuhi tuntutan ASN untuk penyesuaian pinalti, bunga dan biaya-biaya lain ketika terjadi top up pinjaman.

” Ketika ini tidak dipenuhi maka ibarat kata jika sudah tidak nyaman berumah tangga lebih baik cerai dari pada hidup serumah,”. Lanjut Awi

Meski demikian Awi mengapresiasi langkah Bupati yang sudah memindahkan rekening gaji pegawai dari bank Sulutgo dan menyarankan agar seluruh rekening Pemda yang di bank Sulutgo dipindahkan.

Terkait ada isu berhembus soal adanya dugaan suap 1 Miliar yang mengalir kepada beberapa pejabat Pemda untuk memindahkan rekening 3 (tiga) dinas dari bank Sulutgo ke BRI KCP Tilamuta, Awi Pakaya turut menyorotinya. Kata Awi, jika itu benar maka sifatnya person to person.

” Isu adanya orang perorang, pejabat-pejabat tertentu terkait pindahnya Tiga rekening gaji ini yang membuat orang lain menerima pembayaran atas bargaining pindahan itu, saya minta untuk diseriusi agar diungkap secara tuntas !”. Tegasnya

Praktisi Perbankan Sopyan Panigoro ketika dimintai tanggapannya memandang pentingnya kajian dan pembahasan asas manfaat yang diakibatkan oleh terbitnya SK Bupati No 10/2019 ini. Kata Sofyan, problem tersebut harus dibahas oleh Pemerintah Daerah, Perbankan dan Eksekutif.

“Ini mestinya dibahas bersama antara Pemerintah Daerah, Perbankan dan Eksekutif agar supaya struktur penataan keuangan bisa dikelola dengan baik dan benar maka harus bersinergi dalam mengatasi persoalan ini”. Singkat Sopyan Panigoro.

Untuk mengetahui lebih lanjut persoalan SK NO 10/2019, Mata Gorontalo menemui pihak Bank Sulutgo dan diterima oleh Zulhijas Rasyid. Kata pria yang akrab disapa Ijas ini, pihaknya belum mendapatkan tembusan SK bupati tersebut.

” Jujur kami belum mendapatkan tembusan SK tersebut, hanya sudah dengar saja adanya pemindahan rekening ini tapi kalau untuk kepastiannya coba tanyakan langsung ke Pemda”. Jawab Ijas.

Disentil soal efek ekonomi akibat dari pemindahan rekening ini Zulhijas menegaskan bahwa pastinya hal ini berpengaruh, karena deviden itu sama dengan bagi hasil.

” Imbasnya saat hasil kurang, maka yang dibagi juga akan kurang”. Singkatnya

Namun, Soal deviden yang akan berkurang ini dibantah oleh Sekertaris Daerah Boalemo Husain Etango. Kata Husain, bahwa hal tersebut tidak akan berkurang dikarenakan secara umum dan detailnya Deviden itu adalah keuntungan total Bank SulutGo.

” Secara umum dan secara detail tidak karena deviden ini adalah keuntungan total dari bank Sulutgo keseluruhan dan untuk lebih tehnis soal rugi atau tidak tentu pihak keuangan yang lebih tau”. Tegas Husain.

Husain Etango juga menambahkan bahwa SK Bupati No 10/2019 ini sudah ditindaklanjuti dengan juknisnya

“Ini sudah diatur dan sudah juknisnya yang ditandatangani bupati dan diparaf pak Wabup”. Tekan Husain

Sekretaris BKAD (Badan Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Boalemo Srijun Dangkua, saat dimintai klarifikasinya hanya mengarahkan agar bertemu dengan Kabid Anggaran Andres Adjie. Namun Disayangkan, yang bersangkutan masih mengikuti rapat dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah). (mg3)

399 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini

Berita Terkait Lainnya