Mata Bonbol

Tingkatkan Efektifitas Penyelesaian Masalah Hukum, Kejati Gorontalo MOU Dengan Pelindo IV,

Mata Gorontalo (Mata Bonbol) – Kejaksaan Tinggi Gorontalo menandatangani Nota Kesepahaman dengan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) tentang Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (17/1).

Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo Dr. Firdaus Dewilmar,SH.,M.Hum menuturkan bahwa Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani pihaknya bersama Pelindo IV (Persero), sebagai salah satu bentuk peningkatan efektifitas penyelesaian masalah hukum dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara baik di dalam maupun di luar pengadilan.

“ Nota Kesepahaman ini ditandatangani, dengan maksud sebagai pedoman [Pelindo IV dan Kejaksaan RI], dalam rangka koordinasi dalam pelaksanaan pengawalan dan pengamanan pemerintah untuk pembangunan pelabuhan,” Urai Kajati Firdaus.

Kajati Firdaus menambahkan bahwa kesepakatan yang terjalin adalah sesuatu yang sangat penting serta menjadi acuan dalam melakukan proses yang berkaitan dengan Pelindo IV. Menurut Firdaus, peran kejaksaan dalam mereview dan pendapat hukum akan sangat dibutuhkan pada pelaksanaan program kerja strategis di Pelindo itu sendiri.

“ MOU ini bukan sebuah formalitas, akan tetapi merupakan suatu hal sangat penting  yang akan menjadi acuan dalam melakukan proses yang berkaitan dengan bidang perdata dan tata usaha negara di Pelindo itu sendiri. Dimana Program-program Pelindo IV yang sifatnya penting seperti pendayagunaan aset maupun program kerja strategis, tentunya harus mendapatkan review dan pendapat hukum terlebih dahulu dari Kejaksaan  sehingga kedepannya pemanfaatan, pendayagunaan maupun pengelolaan aset negara dapat lebih baik lagi,” jelas Firdaus.

Ditambahkan pula, antas penandatanganan kesepakatan bersama ini oleh Kajati Firdaus  memberikan apresiasi atas kepercayaan khusus yang diberikan oleh pelindo IV terkait dengan penanganan permasalahan dalam bidang perdata dan tata usaha negara.

“ Adalah Suatu kebanggaan tersendiri bagi Kejaksaan Tinggi Gorontalo atas kepercayaan yang diberikan oleh Pelindo IV di dalam menangani permasalahan pada bidang perdata dan tata usaha negara. Selain itu, disini kami juga merasa turut serta dalam mengawal program-program strategis negara,” Tegas Firdaus.

Ruang lingkup dari Nota Kesepahaman yang ditandatangani ini adalah dalam Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara, yang meliputi bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lain dengan tujuan melakukan pemulihan atau penyelamatan keuangan/kekayaan/asset Pelindo IV dan anak perusahaan Pelindo IV serta permasalahan lain dalam bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara yang dihadapi oleh Pelindo IV, Terutama pada pengembangan pelabuhan gorontolo menuju pelabuahan peti kemas Dalam rangka mempercepat distribusi barang yang bertujuan memacu pertumbuhan ekonomi gorontalo. (mg1)

147 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Berita Terkait Lainnya