Mata Bonbol

Wujudkan WBK Dan WBBM, Kejaksaan Tinggi Gorontalo Gelar Pencanangan Zona Integritas

Mata Gorontalo (Gorontalo) – Kejaksaan Tinggi Gorontalo menggelar apel pencanangan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), yang dilaksanakan di halaman kantor Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Kamis (31/1).

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo Dr. Firdaus Dewilmar,SH.,M.Hum mengungkapkan bahwa sebagai salah satu institusi penegak hukum, pihaknya telah siap untuk melaksanakan pencanagan tersebut sebagai bentuk kesungguhan Kejaksaan Tinggi beserta Kejaksaan Negeri se Gorontalo untuk mewujudkan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Dr. Firdaus Dewilmar,SH.,M.Hum

” Mengutip pernyataan Wakil Jaksa Agung RI, Dr. Arminsyah, diperlukan komitmen yang tinggi untuk secara terus menerus melakukan perubahan yang cepat dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berbasis digital yang sudah masuk diera revolusi industri 4.0 serta harus berani merubah mindset dan persepsi publik tentang kejaksaan RI. Sebagai bentuk kesungguhan dan  Semangat untuk melawan korupsi serta memberikan pelayanan publik secara prima  pada lingkungan Kejaksaan Tinggi dan kejaksaan Negeri se Gorontalo.” Terang Kajati Firdaus.

untuk menuju WBK dan WBBM ini, Kata Kajati Firdaus  ada 6 area perubahan. Diantaranya, manajemen perubahan, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Dengan demikian, hasil yang akan dicapai adalah pemerintahan yang bersih, bebas KKN dan kualitas pelayanan publik yang harus dilaksanakan oleh jajaran Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri se Gorontalo.

Bingkai Komitmen Bersama, Yang ditanda tangani oleh Kajati Gorontalo beserta jajarannya dan para saksi dalam hal ini unsur Forkopimda

” Keberhasilan tersebut sangat ditentukan dengan kapasitas, kualitas dan integritas yang dimiliki, serta komitmen juga keinginan kuat untuk menjadi bahagian dalam pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM guna mengembalikan martabat serta kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum yang berinti pada kepastian hukum, keadilan dan kemanfaatan serta ketertiban beserta ketentraman masyarakat.” Jelas Kajati Firdaus.

Kajati Firdaus menambahkan bahwa saat ini harus diakui masih ada oknum – oknum yang melakukan tindakan tidak terpuji, tidak sesuai tatanan tugas serta fungsi instansi pada jajaran Kejaksaan. Disamping itu, berbagai tantangan, hambatan, ancaman, gangguan baik secara internal maupun eksternal yang merupakan kendala dalam mencapai satuan kerja yang bebas dari KKN dan menyulitkan instansi dalam pelayanan publik, tentu penerapan zona integritas menjadi formula yang tepat dan dapat mengembalikan wibawa serta citra Kejaksaan sebagai wujud dari reformasi birokrasi dan good government.

Gubernur Gorontalo Drs. Rusli Habibie, Saat menandatangani Komitmen Bersama Zona Integritas

” Pencanangan Zona Integritas ini, diharapkan dapat menciptakan perbaikan nyata sehingga dapat disebut sebagai landasan yang kokoh untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang bersih, bebas KKN dan dapat menjadi langkah peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat serta dapat meraih kembali kepercayaan Publik.” Tegas Kajati Firdaus.

Kegiatan pencananganan ini ditandai dengan penandatangan komitmen bersama, pakta integritas dan pelepasan balon oleh Kajati, Wakajati, Asisten dan seluruh Kajari se-Gorontalo dan disaksikan oleh Pimpinan Forkopimda se Gorontalo.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh, Gubernur Gorontalo Drs. Rusli Habibie, Irwasda Polda Gorontalo, Danrem 131/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw, Kepala Kanwil Kemenkumham Agus Subandriyo, Ketua Pengadilan Tinggi Gorontalo Sigit Hariyanto, SH.,MH, Kepala BPKP Gorontalo Supriyadi, perwakilan Badan pusat Statistik Gorontalo, Kepala Badan Intelejen Daerah Gorontalo Daeng Rosada, Kepala Ombudsman RI Gorontalo,  Bupati Pohuwato H. Syarief Mbuinga, Bupati Gorontalo, H. Indra Yasin, Kapolres Pohuwato AKBP. Widodo, Kapolres Gorontalo AKBP Dafcoriza, Kepala Kejaksaan Negeri se Gorontalo dan Unsur LSM beserta masyarakat.  (mg1)

245 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini

Berita Terkait Lainnya